Minggu, 27 Juni 2010

Profil Kota Cimahi

Kota Cimahi memiliki luas wilayah keseluruhan 40,25 Km2, daerah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung di sebelah utara, selatan, barat, dan Kota bandung di sebelah timur. Cimahi menyandang peran sebagai daerah penyangga bagi Kota Bandung yang berjarak sekitar 12 Km di sebelah barat. Terutama menjadi tempat bermukimnya para pekerja yang mencari nafkah di Kota Bandung.

Cimahi merupakan Kota industri. Kegiatan industri di Cimahi didominasi oleh tekstil, sandang, dan kulit. Hasil-hasil industri tekstil seperti benang, kain tenun, dan pakaian jadi selain memasuki pasar domestik juga memenuhi pasar di Amerika Serikat dan negara-negara Asia, Eropa, dan afrika. Zona industri di Cimahi merata di tiga Kecamatan berbaur dengan lokasi perumahan, Ketiadaan pengelolaan alokasi penggunaan lahan memperlihatkan kesemrawutan dan ketidakteraturan. Pabrik industri terbanyak terdapat di Kecamatan Cimahi Selatan (43 persen).

Di kecamatan ini terdapat kawasan berikat seluas 300 hektar di mana enam perusahaan PMA mengekspor 100 persen produknya. Bahan baku pun 100 persen diimpor, antara lain dari Korea dan Jepang. Lapangan usaha industri merupakan penyangga utama perekonomian Kota Cimahi. Masalah kepadatan menjadi persoalan yang harus segera ditangani pemerintah kota.

Akibat keberadaannya sebagai kantung industri, Cimahi diserbu pendatang yang ingin memperoleh penghasilan lebih baik, kepadatan ini pada akhirnya menyeret persoalan lain berkait dengan mobilitas manusia dan barang. Cimahi tak berbeda dengan Kota Bandung yang macet dan semrawut. Mengatasi kepadatan penduduk dan kemacetan lalu lintas menjadi salah satu pekerjaan rumah pemerintah kota.

Sumber Data:
Jawa Barat Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Jawa Barat
Jl. PHH Mustapa No. 43, Bandung 40124
Telp (022) 7272595, 7201696
Fax (022) 7213572


Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/displayprofil.php?ia=3277

Tidak ada komentar:

Posting Komentar