Sabtu, 26 Juni 2010

Urusan ICT, Bandung Bisa Disalip Cimahi

Agresifnya Kota Cimahi dalam urusan Information Communication Technology (ICT) dipuji oleh CEO MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya. Bahkan Hermawan memperkirakan potensi ICT yang dimiliki oleh Kota Bandung akan beralih ke Kota Cimahi. Hal ini akan terjadi jika Pemkot Bandung tidak segera mendukung serta mewadahi pelaku industri ICT di Bandung.

"Bandung bisa disalip sama Cimahi. Cimahi sangat agresif dalam mengembangkan ICT. Bahkan mereka sedang membangun gedung pusat ICT. Saya diajak oleh wali kota untuk melihat gedungnya," katanya saat berbincang dengan detikbandung, Sabtu (3/4/2010).

Kekhawatiran Hermawan cukup beralasan, pasalnya hampir tidak ada sedikitpun perhatian dari Pemkot Bandung untuk masalah IT. Beberapa konsep untuk menjadikan Bandung sebagai cyber city sering diungkapkan. Namun selalu saja jalan di tempat.

"Nanti semuanya bisa kesedot ke sana (Cimahi - red). Padahal Bandung ini punya potensi yang sangat besar. Hanya kurang dukungan saja dari pemerintah kotanya,"
katanya.

Saat ini Pemkot Cimah tengah merampungkan Gedung Baros Cyber Creative Center (Baros C3). Gedung ini adalah salah satu fasilitas yang akan menjadi ikon Baros
Information Technology Creative (BITC). Gedung Baros C3 tersebut oleh Pemkot Cimahi rencananya akan dijadikan pusat kegiatan kreatifitas yang berkaitan dengan ICT.

"Saya juga bicara dengan wali kota Cimahi, bahwa jika ingin berhasil jangan hanya segmen anak muda saja yang disasar. Ke depan, market ini didrive oleh youth,
women dan netizen. Atau yang kita sebut dengan new wave," katanya.

Beberapa hari silam, MarkPlus memberikan penghargaan kepada tokoh anak muda Bandung yang berprestasi dan dapat memberikan inspirasi kepada anak muda lainnya. Mereka yang mendapatkan penghargaan adalah Eka Ramdani, pemain Persib untuk kategori olah raga.

Lalu Nazril Irham atau yang akrab dipanggil Ariel Peterpan untuk kategori seni dan budaya. Berikutnya Dandhy, pemilik clothing 347 untuk kategori pengusaha, dan Daniel Edward, seorang aktifis terumbu karang untuk kategori lingkungan hidup. Terakhir penghargaan diberikan kepada politikus muda, Egi Hamzah untuk kategori politik.


Sumber :
Andrian Fauzi - detikBandung
http://bandung.detik.com/read/2010/04/03/144542/1331233/486/urusan-ict-bandung-bisa-disalip-cimahi
3 April 2010


(afz/ema)

1 komentar:

  1. ya semoga akan menjadi icon kota cimahi ke depan sehingga menumbuhkembangkan industri lainnnya > www.mozimozaic.com

    BalasHapus